dendam

Pernah merasakan dendam didalam hati kamu?
Setiap manusia normal pasti pernah merasakannya,wajar sih kalo manusia punya dan pernah punya rasa dendam
Dendam,iri hati dan dengki ehm satuan kata yang pasti pernah dirasakan manusia dibumi biarpun disemua agama melarang sama yang nama nya dendam tapi gak bisa dipungkiri hati manusia yang penuh dengan rasa , sedikit terluka , patah hati , atau kena hinaan pasti timbulnya dendam iya kan ayo ngaku ngaku….

Dendam dalam bahasa Arab di sebut hiqid, ialah “Mengandung permusuhan didalam batin dan menanti-nanti waktu yang terbaik untuk melepaskan dendamnya, menunggu kesempatan yang tepat untuk membalas sakit hati dengan mencelakakan orang yang di dendami”. Berbahagialah orang yang berlapang dada, berjiwa besar dan pema ‘af. Tidak ada sesuatu yang menyenangkan dan menyegarkan pandangan mata seseorang, kecuali hidup dengan hati yang bersih dan jiwa yang sehat, bebas dari rasa kebingungan dan bebas dari rasa dendam yang senantiasa menggoda manusia. Seseorang yang hatinya bersih dan jiwanya sehat, ialah mereka yang apabila melihat sesuatu nikmat yang diperoleh orang lain, ia merasa senang dan merasakan karunia itu ada pula pada dirinya. Dan apabila ia melihat musibah yang menimpa seseorang hamba Allah, ia merasakan sedihnya dan mengharapkan kepada Allah untuk meringankan penderitaan dan mengampuni dosanya.

Tapi gmana kalo dendamnya terhadap kisah cintanya???ya sama lah yg namanya dendam itu ya dendam mau ama siapa atau karena alesan apa tetep dendam namanya.
Aku pernah denger ceramah dari ustad jefry albukhori katanya : gak dendam itu gak perlu diucapkan dengan perkataan karna untuk apa kita bilang sama 1juta orang kita sudah maafin si X tapi sama 1 orang kita bilang biarpun udah maafin si X tapi untuk Tanya dan akrab kaya dulu sory la yaw…….
Dan seingetku sih kata si uje itu diakhir ceramahnya beliau bilang kalo kita udah maafin dan gak dendam lagi sama si X cukup ucapkan dan mantapkan hati untuk memaafkannnya dan selanjutnya tinggal kita jalin lagi tali persaudaraan dengan si X itu .

Dalam Al-Quran Allah berfirman yang artinya: “Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang di karuniakan Allah kepada sebagian kamu lebih banyak dari sebagian yang lain. (karena) bagi seorang laki-laki ada bagian daripada apa yang mereka usahakan, dan bagi para wanita (pun) ada bagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah yang maha mengetahui segala sesuatu. (An-Nisa: 32).

Iklan

36 thoughts on “dendam

  1. Dendam kadang-kadang juga bisa berimpact positif kalau kita sedikit berimprovisasi dengan menjadikannya sebuah motifasi! hehehe…
    Nice blog…merasa teduh berlama-lama di blog ini. Salam

  2. Baca ini jd teringat lirik lagu iwan fals : dendam ada dimana-mana dijantungku dijantungmu dijntung hari-hari… Nice posting..dan Maaf ya agak tak nyambung komenx..

  3. itu yg susah buat dilaksanain. seringnya kita bilang “Oke gue maafin, tp gue gak bisa lupain kesalahan lo…”
    aku pun kek gitu. bisa dimaafin, tp mending jauh2 kalo gak ada perlu banget. berarti sebenernya hatiku belum maafin ya? T_T

  4. Tidak baik memang mendendam, namun adakalanya sakit hati begitu terasa menggugat hati dan susah utk melupakkannya.
    Asal mau ikhlas dan pelan2 belajar memaafkan, lama2 pasti bisa plong…

  5. Namanya Dendam,Iri, dan Penyakit Hati lainnya sih manusiawi..yang penting kita menyikapinya dengan positif. Misalnya Iri lihat teman punya prestasi,,ya kita harus memacu diri untuk lebih giat.

    Nice blog with funny pic,,hehehe… Salam Kenal.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s